Visi Keilmuan

Visi keilmuan Biologi akan dicapai pada tahun 2030 sesuai dengan rencana induk pengembangan UM adalah sebagai berikut:

Mengembangkan ilmu biologi berbasis penelitian dengan penekanan pada bidang kesehatan; pangan; lingkungan dan biodiversitas untuk menghasilkan lulusan yang kapabel dan mampu berinovasi.

Misi Keilmuan

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran biologi yang berpusat pada peserta didik menggunakan pendekatan pembelajaran yang aktif, efektif, dan inovatif serta mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang Biologi dengan pemanfaatan IPTEKS yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kesejahteraan masyarakat
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat bidang Biologi yang berorientasi pada pemberdayaan masyarakat
  4. Menyelenggarakan tata pamong program studi sarjana biologi yang akuntabel dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.

Tujuan Program Studi

  1. Menghasilkan sarjana biologi yang cerdas, religius, berakhlak mulia, mandiri, dan mampu berkembang secara profesional.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif yang unggul dalam bidang biologi.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat bidang biologi untuk mewu-judkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  4. Menghasilkan kinerja program studi biologi yang berkualitas, efektif, efisien, transparan dan akuntabel dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.