Home > Program Kerja
Program Kerja

Program Kerja

PROGRAM KERJA HMJ BIOLOGI “LEBAH MADU”

Biology Welcoming Festival

Acara ini dilaksanakan di Taman Perpustakaan Pusat UM dengan dihadiri seluruh mahasiswa baru jurusan Biologi dengan disajikannya berbagai penampilan seni dari pemenang Bio Finding Star tahun 2017, PKPL, yel –yel dan penampilan mahasiwa baru per program studi, serta penampilan dari pengurus HMJ Biologi “Lebah Madu” 2018. Acara ini juga menjadi wadah bagi HMJ Biologi untuk memperkenalkan seluruh pengurus dan program kerja selama satu tahun kepengurusan yang berkaitan dengan mahasiswa baru.

Secara umum hasil dari kegiatan Biology Welcoming Festival (BWP) ini sudah berhasil, karena hampir semua tujuan dari pelaksanaan kegiatan BWP ini sudah tecapai. Dapat dilihat dari tujuan pertama yaitu sebagai salah satu bentuk interaksi dan sosialisasi antar mahasiswa, khususnya mahasiswa baru dan mahasiswa lama. Dapat dilihat dari pengenalan dan keakraban diantara mahasiswa lama dan mahasiswa baru pada saat kegiatan. Untuk tercapainya yang tujuan yang kedua yaitu Pengenalan kegiatan kemahasiswaan khususnya kegiatan HMJ Biologi “Lebah Madu” 2018. Dapat dilihat dari keikutsertaan mahasiswa dalam serangkaian kegiatan student day. Untuk tercapainya tujuan yang ketiga yaitu menanamkan sikap kebersamaan, kerjasama tim dan tolong menolong antar mahasiswa dapat dilihat dari kerja sama semua mahasiswa baru dalam menyiapkan dan menampilkan pentas seni pada saat kegiatan. Untuk tercapainya tujuan yang keempat yaitu sebagai bekal awal kuliah pada Jurusan Biologi dan untuk membentuk sikap mandiri dan kedewasaan ketika nantinya mahasiswa terjun di masyarakat. Dapat dilihat dari kedatangan mahasiswa yang tepat waktu.

MAHALOGI

Mahalogi merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menampilkan bakat dan kreasi seni mahasiswa jurusan biologi dari mulai angaktan 2018 sampai 2015 dan dalam serangkaian acaranya terdapat pemilihan Bio Finding Star dan pemilihan Putra Konservasi dan Putri Lestari. Puncak acara ini di laksanakan di Aula Kecamatan Klojen dengan tema “One Night We Dream, One Day We Reach It” dengan melibatkan seluruh mahasiswa biologi dan mengundang beberapa guest star dari luar Biologi.

Secara umum hasil dari kegiatan Mahalogi 2018 ini sudah berhasil, karena hampir semua tujuan dari pelaksanaan kegiatan Mahalogi 2018 ini sudah tecapai. Dapat dilihat dari tujuan pertama yaitu meningkatkan jalinan tali silaturrahim antar jurusan, khususnya seluruh warga Biologi. Dapat dilihat dari pengenalan dan keakraban diantara mahasiswa angkatan 2015 sampai 2017 pada saat kegiatan. Untuk tercapainya yang tujuan yang kedua yaitu sebagai wadah kreativitas penyaluran bakat dan minat semua warga FMIPA khususnya Biologi. Dapat dilihat dari keikutsertaan mahasiswa dalam serangkaian kegiatan Mahalogi 2018 yang menampilkan bakat nonakademik. Untuk tercapainya tujuan yang ketiga yaitu sebagai wadah wirausaha semua warga FMIPA khususnya Biologi dapat dilihat pada saat kegiatan, sie dana dan usaha menjual berbagai macam produk untuk meningkatkan tabungan keuangan proker Mahalogi 2018. Untuk tercapainya tujuan yang keempat yaitu mengenalkan lebih dekat lagi mengenai lingkungan jurusan Biologi, dapat dilihat dari pertanyaan dan jawaban yang diberikan pada PKPL (Putra Konservasi dan Putri Lestari) yang bertemakan materi biologi. Untuk tercapainya tujuan yang kelima yaitu peningkatan kesadaran dalam hal konservasi lingkungan dengan alam sekitar. Dapat dilihat dari adanya respon positif dari mahasiswa baru kepada materi konservasi alam disaat pertanyaan pada finalis PKPL dan adanya sikap membuang sampah pada tempatnya ketika acara hingga selesai acara.

Mading Biology

Ditampilkannya mading biologi yang berisiskan program kerja HMJ, ide dan karya mahasiswa biologi, dan informasi kebiologian yang ditampilkan pada papan madding ormawa gedung O8 lantai 1.

Mading terpasang pada tanggal 2 mei 2018 bertepatan dengan pelaksanaan Sport Fun Competition yang diadakan oleh KOMIPA untuk seluruh ormawa di FMIPA. Mading biologi berisiskan dokumentasi program kerja HMJ yang telah terlaksana, ide dan karya mahasiswa biologi, dan informasi kebiologian.

Sub Divisi Malang Eyes Lapwing

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu mulai tanggal 6–8 April 2018 bertempat di Sapuangin, Klaten, Jawa Tengah diikuti oleh 70 tim pengamatan burung dan fotografi.  

Dari kegiatan ini mahasiswa dapat menunjukkan eksistensi Almamater Universitas Negeri Malang pada masyarakat yang lebih luas, serta mahasiswa dapat membawa nama baik Universitas Negeri Malang dan khususnya untuk Jurusan Biologi UM. Dengan pengalaman kegiatan yang telah diikuti ini, mahasiswa yang terlibat dalam lomba MERAPI BIRDWATCHING COMPETITION dapat mempertahankan eksistensinya dalam hal Bridwaching dan dapat meningkatkan kemampuan yang telah dimiliki agar kedepannya bisa memperoleh prestasi yang lebih baik.