Penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pembelajaran merupakan tridharma perguruan tinggi yang dilaksanakan sivitas akademika UM. Ketiga kegiatan tersebut saling terkait dan saling mendukung. Kegiatan penelitian di Jurusan Biologi FMIPA UM dilakukan dengan beberapa kegiatan, yang mencakup kegiatan:1) mengembangkan tema penelitian (grand design) untuk pengembangan ilmu dan atau dapat ditindaklanjuti dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan pembelajaran, 2) melaksanakan penelitian untuk pengembangan ilmu, 3) melaksanakan penelitian untuk meningkatkan kualitas perkuliahan, 4) menyelenggarakan penelitian, bekerjasama dengan pemerintah/pemerintah daerah, 5) melaksanakan penulisan buku referensi, monograf, dan bahan ajar berbasis hasil penelitian, dan 6) melaksanakan pelatihan dan pendampingan penulisan publikasi ilmiah tingkat nasional dan internasional. Deskripsi masing-masing kegiatan tersebut disajikan berikut.pengabdian

Pengembangan Tema Penelitian yang Sinergis dengan Kegiatan Pengabdian dan Pengembangan Pembelajaran

Pengelolaan kegiatan penelitian di Jurusan Biologi FMIPA UM dilakukan secara sinergi berbasis pada kegiatan penelitian di Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M UM). Berdasarkan kebijakan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah memberikan kepercayaan kepada UM sebagai perguruan tinggi yang termasuk kelas utama  untuk  melakukan  pengelolaan  kegiatan-kegiatan  penelitian,  LP2M menyusun Rencana Induk Penelitian (RIP) UM. RIP LP2M UM tersebut menetapkan tema dengan tiga bidang unggulan, yaitu: 1) pendidikan dan pembelajaran karakter berbasis nilai-nilai kebangsaan dan kearifan lokal; 2) pendidikan dan pembelajaran yang inovatif bidang MIPA, teknologi, dan sosial humaniora; dan 3) pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi, sosial, dan humaniora untuk peningkatan daya saing bangsa. Tema-tema unggulan dirumuskan berdasarkan visi dan misi UM dan penelurusan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan oleh dosen/peneliti UM, serta memperhatikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan isu-isu strategis nasional, agar aspek kebaharuan dan orisinalitas hasil dapat dipenuhi.

Berdasarkan tema penelitian yang ditetapkan LP2M, dosen-dosen Jurusan Biologi FMIPA UM sudah mulai menyesuaikan kegiatan penelitian yang sesuai dengan tema tersebut. Kegiatan penelitian dosen Jurusan Biologi FMIPA UM tersebar dalam tema-tema yang telah ditetapkan LP2M sesuai dengan bidang keahlian masing-masing dosen. Sebagian besar kegiatan penelitian dosen FMIPA UM tersebar di bidang pendidikan dan pembelajaran inovatif bidang Biologi dan IPA, serta penerapan biologi untuk peningkatan daya saing bangsa.

Kegiatan penelitian di Jurusan Biologi FMIPA UM dirancang untuk menciptakan atmosfir ilmiah yang kondusif bagi dosen dan mahasiswa sehingga tercipta hasil penelitian yang berkualitas. Kegiatan ini diintegrasikan ke dalam kegiatan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. FMIPA UM memfasilitasi dosen untuk berkompetisi dalam hibah penelitian dan memberi bimbingan dan bantuan dana penelitian pemula serta bantuan dana penelitian mandiri. Indikator keberhasilan kegiatan ini adalah semakin bertambahnya jumlah dosen yang terlibat dalam penelitian, jumlah dosen yang memenangkan hibah penelitian, dan semakin bertambahnya jumlah artikel hasil penelitian dosen FMIPA UM yang dimuat di jurnal ilmiah dan buku hasil penelitian yang diterbitkan oleh Penerbit Nasional.

Tema kegiatan penelitian dosen Jurusan Biologi selalu diupayakan untuk bersinergi dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sinergi penelitian dan pengabdian pada masyarakat perlu ditingkatkan secara optimal, baik pada dosen selaku peneliti maupun di tingkat lembaga dengan mengoptimalkan peran LP2) dan LP3. Hal ini perlu dilakukan agar hasil-hasil penelitian dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengabdian kepada masyarakat secara luas.

Pelaksanaan Penelitian untuk Meningkatkan Daya Saing

Secara garis besar kegiatan penelitian yang dilakukan sivitas akademika UM mencakup dua bidang, yaitu bidang kependidikan dan non-kependidikan. Penelitian di bidang kependidikan terkait dengan pengembangan, pengkajian, evaluasi terhadap prinsip, konsep, pengetahuan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran. Penelitian di bidang non-kependidikan terkait dengan pengembangan dan pengkajian di bidang ilmu Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Pelaksanaan penelitian pada dasarnya dilakukan untuk pemutakhiran ilmu dan penerapannya, baik di bidang kependidikan maupun non-kependidikan. Pada penelitian di bidang kependidikan, sebagian penelitian tersebut merupakan penelitian yang dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran di perguruan tinggi. Oleh karena itu, hasil dari penelitian yang dilakukan dapat digunakan untuk peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya di Jurusan Biologi FMIPA UM. Selanjutnya hasil penelitian tersebut dipublikasikan di forum seminar nasional dan internasional serta jurnal ilmiah sehingga hasilnya tidak hanya dimanfaatkan oleh sivitas akademika tetapi juga dimanfaatkan oleh guru, dosen dan pihak lain yang memerlukannya.

Penelitian dilakukan melibatkan dosen dari prodi lain lain dalam bentuk tim peneliti dan mahasiswa yang sebagian besar sedang dalam tahap penyelesaian tugas akhir atau skripsi. Hal ini secara tidak langsung membantu mahasiswa dalam penyelesaian studi dan peningkatan kualitas lulusan dari Jurusan Biologi FMIPA UM.

Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Publikasi Ilmiah Tingkat Nasional dan Internasional

Publikasi ilmiah merupakan sarana diseminasi hasil penelitian agar dapat dimanfaatkan secara luas dan menjadi salah satu tolok ukur kualitas dan kemajuan penyelenggaraan pendidikan.Kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan publikasi ilmiah dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis karya ilmiah terutama hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Secara umum, kegiatan pelatihan dan pendampingan untuk dosen Jurusan Biologi FMIPA mengikuti program yang diselenggarakan oleh UM, khususnya LP2M. Misal, workshop terkait penulisan artikel ilmiah yang ditujukan untuk semua dosen UM.

FMIPA UM telah menyelenggarakan kegiatan workshop pelatihan dan pendampingan penulisan publikasi ilmiah secara nasional dan internasional untuk dosen, baik selaku penulis maupun pengelola jurnal.Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang pakar di bidang penulisan artikel untuk publikasi internasional dengan peserta dosen-dosen yang diharapkan dapat melakukan publikasi ilmiah tingkat internasional. Kegiatan tersebut akan dilakukan untuk tahun tahun mendatang

Penulisan Buku Referensi, Monograf, dan Bahan Ajar Berbasis Hasil Penelitian dan/atau Pengabdian kepada Masyarakat

Secara umum kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen UM didanai oleh DP2M DIKTI. DP2M DIKTI menargetkan beberapa luaran penelitian seperti buku referensi, monograf dan bahan ajar. Pada tahun 2020-2024, jumlah luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masih perlu akan ditingkatkan.

Peningkatan Publikasi Karya Ilmiah Nasional dan Internasional

Program ini dirancang untuk meningkatkan aktivitas, produktivitas, dan publikasi karya ilmiah warga FMIPA UM. Kegiatan peningkatan aktivitas ilmiah dan produktivitasnya dilakukan melalui: (a) penelitian, (b) keikutsertaan dalam berbagai kompetisi, (c) seminar, (d) diskusi, dan (e) lokakarya. Publikasi ilmiah dilakukan melalui media masa, penulisan buku, pemuatan dalam jurnal, dan bedah buku. Indikator utama keberhasilan program ini adalah semakin meningkatnya intensitas kegiatan ilmiah dan semakin bertambahnya jumlah karya ilmiah yang terpublikasikan.

Keterlibatan Sivitas Akademika dalam kegiatan Seminar, Lokakarya, dan Kegiatan Ilmiah lain.

Berbagai aktivitas untuk meningkatkan sivitas akademika Jurusan Biologi antara lain, secara rutin telah dilaksanakan seminar internasional yaitu International Conference Life Science and Technologi (ICOLIST), Seminar dan workshop  nasional Biologi dan pembelajarannya (SNOWBEL), Kuliah Tamu dari berbagai negara dan dari berbagai PT di Indonesia, Kuliah dengan para Praktisi untuk memperkaya dan meningkatkan keterlibatan Dosen dan mahasiswa di dunia Industri

Perolehan HaKI

Hak Atas Kekayaan Intelektual terdiri atas perolehan hak cipta, hak rekayasa, dan hak paten. Dalam kaitan ini, sejumlah dosen Jurusan Biologi FMIPA telah memperoleh hak cipta baik dalam produk biologi, proses biologi maupun dalam penerbitan buku pelajaran SD s.d. SMA, buku ilmiah perguruan tinggi, dan Buku referensi/monograf. Pada tahun mendatang perolehan HaKI masih merupakan agenda utama. Jurusan Biologi FMIPA UM selalu memfasilitasi dosen-dosen untuk perolehan HaKI yang berbasis penelitian dengan berkoordinasi dengan sentra Haki LP2M. Kegiatan yang sudah dilakukan adalah workshop terkait sosialisasi dan pendampingan perolehan HaKI.