Select Page

ABSTRAK

Kusuma, Theresia Eva Nila. 2010. Studi Pola Venasi Daun, Daun Involukrum dan Mahkota Bunga Pita Tumbuhan yang Tergolong Suku Asteraceae di Lingkungan Kampus Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Biologi FMTPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S. (IT) Drs. Sulisetijono, M.Si.
Kata kunci: Asteraceae, tipe venasi, daun involukrum, mahkota bunga pita

Suku Asteraceae kebanyakan tumbuh liar di halaman, kebun, maupun tepi jalan meskipun ada yang dibudidayakan. Tumbuhan ini memiliki karakteristik pola venasi daun, daun involukrum, dan mahkota bunga pita yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola venasi daun, daun involukrum, dan mahkota bunga pita, mengetahui keterkaitan pola daun dengan pola venasi daun involukrum dan mahkota bunga pita, serta mengetahui keterkaitan bentuk helaian daun dengan pola venasi daun, daun involukrum, dan mahkota bunga pita tumbuhan suku Asteraceae.
Obyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah daun, daun involukrum, mahkota bunga pita tumbuhan suku Asteraceae. Spesimen diambil di lingkungan dan daerah dengan radius 2 km dari kampus Universitas Negeri Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif eksploratif dengan mengungkap tipe dan pola venasi yang dimiliki daun, daun involukrum, dan mahkota bunga pita tumbuhan suku Asteraceae. Metode yang digunakan adalah metode “leaf clearing” menggunakan alkohol 70% dan KOH 10%.
Hasil penelitian pola venasi daun tumbuhan tergolong suku Asteraceae memiliki tipe venasi tunggal brochidodromous dan tipe venasi gabungan actinododromous-brochidodromous dan campylodromous-brochidodromous, daun involukrum dan mahkota bunga pita memiliki tipe venasi tunggal acrodromous dan tipe venasi gabungan acrodromous-brochidodromous pada daun involukrum, dan tipe venasi gabungan campylodromous-brochidodromous pada mahkota bunga pita. Pola peruratan interkosta memata jala terdapat pada semua daun. Bentuk areolar daun, daun involukrum, dan mahkota bunga pita tidak beraturan dan bersifat tak teratur. Ujung peruratan daun dapat bercabang dua dan saling bertautan pada daun involukrum dan mahkota bunga pita. Keterkaitan pola venasi daun dengan daun involukrum dan mahkota bunga pita tumbuhan suku Asteraceae dalam satu spesies dapat memiliki pola venasi yang lebih sederhana. Bentuk daun dengan 1 buah vena primer dapat membentuk tipe venasi daun tunggal brochidodromous sehingga dapat membentuk pertulangan menyirip. Pada tumbuhan yang sama dengan pola venasi daun involukrum dan mahkota bunga pita yang berbeda karena tidak ada keterkaitan bentuk daun dengan pola venasi daun-daun bunganya.
Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan memperbanyak karakter anatomi generatif seperti stamen dan pistil agar didapatkan hasil yang lebih akurat serta dapat melengkapi data taksonomi tumbuhan.