Select Page

Program kegiatan SiBiSa (Sinau Biologi Sesarengan) pertemuan 2 adalah lanjutan dari program kegiatan SiBiSa pertemuan 1 yang merupakan program kegiatan belajar bersama dengan mentor sebaya yang diselenggarakan oleh Bidang Penalaran HMD Biologi Lebah Madu 2023 dengan mengusung tema “Let’s Improve Our Knowledge in Biology to Become Better Biologists”. Kegiatan ini memfasilitasi mahasiswa Departemen Biologi angkatan 2021, 2022, dan 2023 Universitas Negeri Malang untuk belajar materi Biologi bersama dengan mentor sebaya sehingga bisa meningkatkan pengetahuan tentang Biologi. Materi yang diajarkan pada SiBiSa ini disesuaikan dengan mata kuliah yang sedang ditempuh. Rangkaian kegiatan awal SiBiSa Pertemuan 2 adalah briefing pemateri yang dilakukan sebelum pelaksanaan pertemuan SiBiSa. Briefing pemateri dilakukan sebanyak satu kali melalui Zoom Meeting, yang dilaksanakan pada tanggal 4 Oktober 2023. Briefing pemateri diawali dengan pembukaan pada pukul 16.00 WIB oleh Ketua Pelaksana. Kemudian penyampaian materi briefing selama 20 menit, dan dilanjutkan sesi tanya jawab, penutupan, dan dokumentasi.

Kegiatan SiBiSa 2023 pertemuan 2 dilaksanakan secara luring di Gedung B25 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam lantai 4 ruang 403, 404, dan 405 pada tanggal 8 Oktober 2023. Kegiatan SiBiSa diikuti oleh  mahasiswa Departemen Biologi angkatan 2021, 2022 dan 2023 sejumlah 37 peserta. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 sesi. Kegiatan diawali dengan persiapan panitia pada pukul 07.00 WIB. Setelah persiapan panitia dilanjut dengan registrasi peserta SiBiSa 2 pada pukul 08.00 WIB. Sesi 1 dilaksanakan pada pukul 08.40–10.00 WIB dengan mata kuliah Biologi Umum, Anatomi dan Fisiologi Hewan, dan Genetika 2.. Sesi 2 dilaksanakan pada pukul 10.00–11.20 WIB dengan mata kuliah genetika 1, Teknik Analisis Biologi Molekuler, dan English for Biology.

Kegiatan belajar di tiap ruang diawali dengan pembukaan oleh PJ Mata Kuliah kemudian dilanjut dengan pre-test, penyampaian materi, sesi tanya jawab, dan post-test. Pre-test dilaksanakan selama 10 menit sebelum sesi penyampaian materi melalui link Google Form. Penyampaian materi dilaksanakan selama 45 menit oleh pemateri dan dilanjut dengan sesi tanya jawab selama 10 menit. Post-test dilaksanakan selama 10 menit setelah sesi tanya jawab. Setelah sesi belajar selesai, PJ mata kuliah menutup pertemuan pada setiap ruang dan dilakukan dokumentasi. Serta setelah selesai acara peserta diminta untuk mengisi link angket kepuasan.