Select Page

ABSTRAK

Hartati, Tri Asih Wahyu. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan TPS (Think Pair Share) yang dipadu PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Metakognitif, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. A. D. Corebima, M.Pd (II) Dr. Susriyati Mahanal M.Pd.

Kata kunci: TPS (Think Pair Share), PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif.

Kondisi pembelajaran di SMPN 2 Singosari masih tergolong pembelajaran yang konvensional dan belum ada guru Biologi yang mencoba untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan metakognitif siswa. Semua guru Biologi juga mengaku bahwa mereka hanya melakukan evaluasi sampai pada tingkat C3 dan itu pun tidak semua siswa dapat menjawab pertanyaan yang bertingkat C3. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran TPS (Think Pair Share) dan TPS (Think Pair Share) yang dipadu PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) terhadap kemampuan berpikir kritis, keterampilan metakognitif, dan hasil belajar kognitif siswa Kelas VIII SMPN 2 Singosari.
Jenis penelitian yaitu Penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran yang terdiri atas tiga macam yaitu Strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS), Strategi Pembelajaran Think Pair Share (TPS) yang dipadu dengan PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dan Strategi Pembelajaran Konvensional. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah: a) kemampuan berpikir kritis, b) keterampilan metakognitif, dan c) hasil belajar kognitif.. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui hasil pre tes yang dilakukan sebelum penerapan strategi pembelajaran dan pos tes yang dilakukan setelah penerapan strategi pembelajaran yang diukur dengan menggunakan rubrik untuk mengetahui keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir kritis, dan hasil belajar kognitif.
Hasil penelitian menunjukkan Strategi pembelajaran TPS+PBMP mampu meningkatkan keterampilan metakognitif siswa sebesar 7,35% lebih tinggi dari strategi pembelajaran TPS dan mampu meningkatkan keterampilan metakognitif siswa sebesar 15,37% lebih tinggi dari strategi pembelajaran konvensional, sedangkan strategi pembelajaran TPS mampu meningkatkan keterampilan metakognitif siswa sebesar 3,67% lebih tinggi dari strategi pembelaajran konvensional. Strategi pembelajaran TPS+PBMP mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 15,56% lebih tinggi dari strategi pembelajaran TPS dan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 44,90% lebih tinggi dari strategi pembelajaran konvensional, sedangkan strategi pembelajaran TPS mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 25,47% lebih tinggi dari strategi pembelaajran konvensional. Strategi pembelajaran TPS+PBMP mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sebesar 16,08% lebih tinggi dari strategi pembelajaran TPS dan mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sebesar 35,00% lebih tinggi dari strategi pembelajaran konvensional, sedangkan strategi pembelajaran TPS mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sebesar 16,32% lebih tinggi dari strategi pembelaajran konvensional. Selain itu, ada hubungan antara keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar kognitif dengan persamaan Y= 0,102X1+1,023X2+0,540 dan nilai keterandalan 83,5%. Keterampilan metakognitif memberikan sumbangan relatif sebesar 5,40% dan sumbangan efektif sebesar 3,77% sedangkan kemampuan berpikir kritis memberikan sumbangan relatif sebesar 94,60% dan sumbangan efektif sebesar 79,71%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran TPS+PBMP dapat meningkatkan keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir siswa, dan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran Biologi. Untuk itu disarankan kepada guru Biologi agar menerapkan strategi pembelajaran TPS yang dipadu PBMP karena telah terbukti dapat meningkatkan keterampilan metakognitif, kemampuan berpikir siswa, dan hasil belajar kognitif siswa.