Select Page

ABSTRAK

Sumiati, Ika Dewi. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran SIMAS ERIC terhadap Motivasi, Retensi, dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI pada Gender Berbeda di SMAN 1 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd., (II) Dra. Sunarmi, M.Pd.
Kata Kunci: model pembelajaran SIMAS ERIC, motivasi, retensi, hasil belajar,
gender

Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Malang sudah menggunakan model pembelajaran yang variatif, namun berdasarkan hasil wawancara, observasi, dan tes pada siswa kelas XII menunjukkan motivasi belajar siswa dan retensi siswa terkait materi Biologi kelas XI masih rendah. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan hasil yang berbeda satu sama lain terkait pengaruh model pembelajaran dan perbedaan gender terhadap hasil belajar, motivasi, maupun retensi siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran model pembelajaran kooperatif SIMAS ERIC (Skimming, Mindmapping, Questioning, Exploring, Answering, dan Writing) terhadap motivasi, retensi, dan hasil belajar kognitif Biologi siswa Kelas XI pada gender berbeda di SMAN 1 Malang.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretestpostest non-equivalent control group design yang dilaksanakan pada siswa kelas XI IA 6 dan XI IA 7 di SMAN 1 Malang pada semester ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian dipilih dengan metode acak. Uji prasyarat hasil penelitian berupa uji homogenitas varian dan uji normalitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis anakova dengan taraf signifikasi 0,5% yang dilanjutkan dengan uji beda LSD menggunakan program SPSS 16.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan 1) model pembelajaran SIMAS ERIC berpengaruh terhadap motivasi, retensi, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI di SMAN 1 Malang, 2) gender tidak berpengaruh terhadap motivasi, retensi, dan hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI di SMAN 1 Malang, 3) interaksi gender dengan model pembelajaran SIMAS ERIC tidak berpengaruh terhadap motivasi, retensi, dan hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan untuk dilakukan penelitian terkait dengan pengaruh gender terhadap aspek lain yang dapat diamati selama proses pembelajaran pada subyek penelitian yang lebih luas.