Select Page

ABSTRAK

Fadhila, Desy Noerdiana. 2010. Penerapan Siklus Belajar (Learning Cycle) dengan Menggunakan Peta Konsep untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Kelas X SMAN 6 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Susilowati, M.S dan (II) Drs. H.Noviar Darkuni, M.Si
Kata Kunci: Siklus Belajar (Learning Cycle), Peta Konsep, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 6 Malang diperoleh informasi bahwa keaktifan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran masih rendah. Banyak siswa yang masih ramai ketika guru menjelaskan di depan kelas. Guru masih sering menggunakan metode ceramah dan keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan masih kurang walaupun guru sering memberikan kesempatan siswa untuk mengajukan pertanyaan. Untuk meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran dan hasil belajar siswa perlu diadakan suatu perubahan dalam penggunaan strategi pembelajarannya. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut, adalah dengan cara penerapan pembelajaran model Siklus Belajar dengan menggunakan Peta Konsep. Pembelajaran model siklus belajar ini melalui enam fase yaitu: menyampaikan tujuan pembelajaran, engage, eksplorasi, eksplanasi, ekspansi, evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X-7 SMA Negeri 6 Malang melalui penerapan siklus belajar (Learning Cycle) dengan menggunakan peta konsep.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas dua siklus dengan subyek penelitian sebanyak 25 siswa. Data penelitian berupa motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa diperoleh melalui observasi selama penelitian yang meliputi minat, ketekunan, perhatian, konsentrasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes pada setiap akhir siklus. Selain itu, untuk melengkapi data digunakan lembar tindakan guru dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan siklus belajar (Learning Cycle) dengan menggunakan peta konsep dapat meningkatkan: (1) motivasi belajar Biologi siswa kelas X-7 SMA Negeri 6 Malang, terlihat dari meningkatnya motivasi secara klasikal dari 60,3% yang termasuk dalam kategori cukup pada siklus I, menjadi 71,0% yang termasuk dalam kategori baik pada siklus II, (2) hasil belajar Biologi siswa kelas X-7 SMA Negeri 6 Malang, terlihat dari meningkatnya skor rata-rata kelas secara klasikal dari 80% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru menerapkan siklus belajar (Learning Cycle) dengan menggunakan peta konsep pada pokok bahasan ekosistem untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa selain itu guru diharapkan lebih giat memantau jalannya kelas agar saat pembelajaran berlangsung fokus perhatian siswa tertuju pada kegiatan pembelajaran.