Select Page

ABSTRAK

Handayani, Eny Triyo. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif STAD (Student Team Achievement Division)dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IA-1 SMAN 1 Badegan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. M. Noviar Darkuni, M.Si (II) Dra. Sri Rahayu Lestari, M.Si

Kata Kunci: STAD, Peta konsep, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil observasi di dalam kelas dan wawancara dengan guru Biologi kelas XI IA-1 SMAN 1 Badegan Ponorogo pada tanggal 19-20 Maret 2010, diketahui bahwa motivasi belajar siswa kelas XI IA-1 tergolong rendah sehingga berpengaruh pada hasil belajar yang rendah pula. Hal ini terlihat dari hasil belajar siswa, yaitu dari 35 siswa hanya 48% atau 17 siswa yang memper-oleh nilai ≥ 70 yang merupakan standar ketuntasan minimal yang berlaku di sekolah tersebut.
Salah satu solusi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) dengan peta konsep. STAD efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, karena di dalam STAD terdapat struktur penghargaan sebagai bentuk penguatan terhadap apa yang telah dilakukan oleh siswa. Peta konsep menyebabkan siswa dapat memahami keterkaitan antar konsep materi yang telah dikuasainya, sehing-ga membuat pengetahuan tahan lama dan pada akhirnya akan berpengaruh ter-hadap hasil belajar siswa yang lebih baik.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, dengan pendekatan deskriptif kualitatif . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pem-belajaran kooperatif STAD dengan peta konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IA-1. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IA-1 SMAN 1 Badegan Ponorogo semester genap 2009/2010 yang berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2010. Instrumen yang di-gunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi belajar, lembar observasi keberhasilan tindakan guru, tes akhir siklus, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) dengan peta konsep dapat mening-katkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI IA-1 SMAN 1 Badegan Ponorogo. Motivasi belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan 6,15%. Hasil belajar siswa ditunjukkan dengan menghitung skor tes setiap akhir siklus dan nilai peta konsep. Rata-rata skor akhir hasil belajar meningkat sebesar 8,5%. Ketuntasan belajar klasikal mengalami peningkatan 18,8%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan (1) guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran kooperatif STAD (Student Team Achievement Division) dengan peta konsep untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan sistem pertahanan tubuh, (2) guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran kooperatif STAD dengan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem pertahanan tubuh.