Select Page

ABSTRAK

Fadilah, Naning Nur. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Malang pada Pokok Bahasan Ciri-ciri Makhluk Hidup. Skripsi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Masjhudi, M.Pd. (II) Drs. Sulisetijono, M.Si.

Kata kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, Ciri-ciri Makhluk Hidup, Team Games Tournament (TGT).

Berdasarkan pada hasil observasi dan wawancara guru Biologi di SMP Negeri 8 Malang, kendala utama yang terjadi selama proses pembelajaran Biologi di SMP Negeri 8 Malang adalah kurang aktifnya siswa dan hasil belajar siswa yang rendah karena metode ceramah yang diterapkan guru kurang melibatkan siswa secara langsung. TGT merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa karena menekankan pada kerjasama siswa dalam kelompok yang menghilangkan kebosanan siswa selama belajar di kelas melalui game yang dilaksanakan dalam turnamen, serta menumbuh-kan kesadaran bahwa belajar itu penting dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Biologi melalui penerapan pem-belajaran kooperatif model TGT pada pokok bahasan Ciri-ciri Makhluk Hidup Kelas VII di SMP Negeri 8 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ajaran 2009/2010. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 8 Malang yang berjumlah 39 siswa, terdiri dari 26 perempuan dan 13 laki-laki. Dalam penelitian ini, data-data yang diambil yaitu keterlaksanaan pem-belajaran kooperatif model TGT (dikumpulkan melalui lembar observasi ke-terlaksanaan pembelajaran kooperatif model TGT), aktivitas belajar siswa (dikumpul-kan melalui lembar observasi aktivitas siswa), hasil belajar aspek kognitif siswa (di-kumpulkan dengan tes akhir siklus), tanggapan siswa terhadap pembelajaran kooperatif model TGT (dikumpulkan melalui pedoman wawancara siswa), pen-dekatan pembelajaran yang dipakai oleh guru mata pelajaran Biologi sebelum TGT dan tanggapannya terhadap penerapan pembelajaran kooperatif model TGT (di-kumpulkan melalui pedoman wawancara guru), sedangkan kegiatan pembelajaran dalam penerapan pembelajaran kooperatif model TGT dan nilai tes pokok bahasan sebelum Ciri-ciri Makhluk Hidup (dikumpulkan melalui kegiatan dokumentasi). Nama dan jumlah siswa yang tidak hadir, nama siswa yang ramai/pasif, situasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung, serta kerjasama siswa dalam pembelajaran (di-kumpulkan melalui catatan lapangan). Aktivitas belajar siswa diukur berdasarkan peningkatan persentase siswa yang beraktivitas “BAIK” secara klasikal, sedangkan hasil belajar siswa pada ranah kognitif diukur berdasarkan peningkatan persentase siswa yang tuntas belajar secara klasikal.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa ditunjukkan melalui pe-ningkatan persentase siswa yang beraktivitas “BAIK” secara klasikal, dimana pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 87,18% dan pada siklus II meningkat menjadi 94,87%. Persentase siswa yang tuntas secara klasikal pada siklus I adalah 89,74%, sedangkan persentase siswa yang tuntas secara klasikal pada siklus II meningkat menjadi 94,87%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disarankan kepada para pendidik agar dapat menggunakan model pembelajaran ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Perencanaan terhadap pelaksanaan model pem-belajaran ini hendaknya dipersiapkan dengan baik agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif dan efisien.