Select Page

Tim dosen Departemen Biologi bersama mahasiswa melakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dengan menerapkan model belajar inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian di kelas berbasis lesson study dengan dua siklus. Siklus pertama terkait sistem pencernaan dan siklus kedua terkait sistem pernapasan. Subyek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI MIPA 2 SMAN 2 Malang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Hasil pre test dan post test menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kognitif siswa setelah diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Selain itu, terdapat hubungan kuat antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar kognitif. Penelitian ini sejalan dengan Sustainable Development Goal nomor 4 yaitu quality education. Pengembangan model belajar inkuiri terbimbing ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.