Select Page

Andita Miftakhul Imi bersama dengan dua Dosen Biologi UM, Dr. Murni Sapta Sari, M. Si. dan Dr. Sulisetijono, M. Si. mencoba menerapkan satu model pembelajaran bertajuk Discovery Learning yang bertujuan untuk asah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas x. Penelitian dilakukan pada September 2021 dengan melakukan eksperimen penerapan instrumen model pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas x. Andita menuturkan bahwa penelitian ini ditujukan untuk keikutsertaan dalam mewujudkan SDG 4 yaitu Quality Education yaitu untuk meningkatkan kualitas pendidikan terutama berfokus pada output hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Pada artikel ilmiah yang dipublikasikan dalam Prosiding SNBP Edisi 2021 mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran DIscovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa, Andita menuliskan bahwa dalam eksperimen yang dilakukan, ia menggunakan beberapa instrumen penelitian diantaranya tes hasil belajar kognitif, tes keterampilan berpikir kritis siswa, rubrik penskoran keterampilan berpikir kritis siswa,RPP, LKS, Lembar observasi keterlaksanaan sintaks Discovery learning. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning berbantuan potensi lokal berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Temuan ini menunjukkan model discovery learning berbantuan potensi lokal dapat mendukung proses pembelajaran. Pada penelitian yang ia lakukan khususnya, model pembelajaran ini terbukti mendukung proses pembelajaran materi keanekaragaman tumbuhan karena bersifat kontekstual.