Select Page

Mahasiswa UM, Dorris Ningtyas bersama Dosen Biologi UM, Drs. I Wayan Sumberartha, M. Sc. melakukan kegiatan penelitian terkait analisis motivasi belajar siswa terhadap materi bioteknologi pada Kelas XII di SMAN Boyolangu, Tulungagung. Penelitian tersebut dilakukan sebagai upaya mengetahui sejauh mana antusiasme, motivasi, dan keingintahuan siswa tentang materi bioteknologi, sekaligus sebagai upaya perwujudan SDG 4 tentang Quality Education yang berfokus pada peserta didik.

Lebih lanjut Dorris menjelaskan dalam artikel ilmiah yang juga dipublikasikan pada prosiding SNBP Edisi 2021, latar belakang ia melakukan penelitian ini adalah karena Bioteknologi merupakan topik yang abstrak bagi sebagian besar siswa, sehingga motivasi belajar penting untuk memperoleh hasil belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk 1) mengetahui profil motivasi belajar siswa pada pembelajaran bioteknologi yang diukur berdasarkan aspek perhatian, relevansi, kepercayaan diri, dan kepuasan. 2) Memahami berbagai aspek motivasi belajar yaitu kontribusi perhatian, relevansi, keyakinan dan kepuasan dalam menentukan tingkat motivasi belajar siswa peserta pembelajaran bioteknologi di kelas, 3) Mengetahui cara meningkatkan motivasi belajar bioteknologi. Anggraini menggunakan survei kuesioner dan teknik observasi untuk mengumpulkan data. Hasilnya menunjukkan: 1) motivasi belajar siswa pada pembelajaran bioteknologi dikategorikan sangat tinggi, tinggi dan sedang; 2) persentase masing-masing aspek motivasi belajar adalah a) aspek perhatian memiliki persentase sebesar 77,51%, b) relevansi (relevansi) sebesar 79,52%, c) kepercayaan diri sebesar 76,48% dan d) kepuasan (satisfaction) sebesar 78,73%. 3) Pembelajaran IPA diarahkan pada karya ilmiah melalui kegiatan penemuan (inkuiri).