Select Page

Mewujudkan Generasi Calon Pengusaha Muda Berkualitas: Mahasiswa FMIPA UM Menyelenggarakan Pembinaan Kewirausahaan dalam Bidang Strategi Pemasaran Rabu (12/07/2023) fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan pembinaan kewirausahaan mahasiswa (BIMARA). Kegiatan yang
dilaksanakan setiap 2 minggu sekali tersebut mengusung tema “How is Management System in Business” yang dilaksanakan di Aula FMIPA Gedung B20 Lantai 2. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa tentang bagaimana sistem manajemen dalam berwirausaha, sehingga diharapkan ilmu yang telah didapat oleh mahasiswa dapat diterapkan pada usaha yang akan dijalankan di masa mendatang.

Pemateri pada kegiatan ini adalah Bapak Erik Dwi Pambudi, SE., MSA., AK., C.R.B.C. Beliau memberikan materi mengenai bagaimana cara memanajemen keuangan berwirausaha dan juga Strategi Pemasaran Bisnis meliputi Segmentation, Targeting, dan Positioning. Segmentation merupakan cara perusahaan memandang pasar secara kreatif atau disebut juga
mapping strategy (memetakan pasar). Sedangkan Targeting (Penentuan Pasar) atau yang dapat disebut juga sebagai fitting strategy, karena menyesuaikan sumber daya perusahaan dengan segmen yang dipilih, sehingga penggunaannya menjadi lebih efektif. Bapak Erik menyebutkan bahwa untuk melakukan Targeting ada beberapa syarat yakni:

(1) Memastikan segmen pasar yang dipilih cukup besar dan memiliki potensi keuntungan yang memadai,

(2) Pemilihan segmen harus berdasarkan keunggulan kompetitif perusahaan, serta

(3) Pemilihan segmen harus berdasarkan situasi persaingan.

“Positioning sendiri merupakan strategi untuk menguasai pikiran pelanggan dengan penawaran perusahaan, menyangkut cara membangun kepercayaan dan keyakinan pelanggan sehingga memilih produk atau jasa suatu perusahaan” ujar Bapak
Erik.