Select Page

Kegiatan WFH atau Work From Home selama pandemi membuat sejumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang kesulitan belajar salah satunya  pada materi Pengembangan Sumber dan Media Belajar Biologi (PSMBB). Jasmine dan rekan-rekan penelitiannya mencoba menganalisis bagaimana dan apa saja kesulitan mahasiswa ketika belajar di masa pandemi ini, khususnya pada Mata Kuliah Pengembangan Sumber dan Media Belajar Biologi (PSMBB). Kegiatan penelitian ini dilakukan pada September 2021.

Permasalahan belajar dialami mahasiswa akibat pandemi covid-19 selama WFH. Jasmine dan rekan-rekannya memaparkan dalam artikel ilmiah tentang penelitian ini yang juga dipublikasikan di Prosiding SNBP Edisi 2021, bahwa penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar pada Mata kuliah Perkembangan Sumber dan Media Belajar Biologi (PSMBB) Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Penelitian dilakukan dengan menyebar angket pada sekelompok responden yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi UM. Subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan biologi dengan jumlah 35 responden pada Tahun 2020. Data yang dihimpun berupa data kuantitatif yang diperoleh dari angket untuk mengungkap kesulitan belajar. Indikator yang digunakan adalah kesulitan belajar endogen, eksogen, dan akademik untuk mengetahui pengaruhnya terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan 63,8% mahasiwa sangat menunjukkan tanda-tanda kesulitan belajar, 47% mengalami kesulitan belajar endogen, 39,5% mengalami kesulitan belajar eksogen, dan 20% mengalami kesulitan belajar akademik. Temuan lain adalah kesulitan belajar diakibatkan mahasiswa membutuhkan waktu memahami topik presentasi serta faktor internal dan eksternal yang kurang suportif. Kesimpulan hasil dari analisis ini adalah mahasiswa menunjukkan tanda-tanda kesulitan belajar, namun tidak mengalami kesulitan belajar endogen, eksogen, maupun akademik pada mata kuliah PSMBB.