Select Page

Kupas Tuntas (KUPAT) merupakan program kegiatan berupa webinar yang diselenggarakan oleh HMJ Biologi “Lebah Madu” 2022. Kegiatan ini memiliki tujuan sebagai forum diskusi terbuka untuk menanggapi urgensi dari hubungan kesehatan mental dengan maraknya pelecehan seksual yang terjadi di lingkungan kampus dalam perspektif islam. Selain itu, kegiatan ini juga memiliki tujuan agar peserta dapat memahami dan mengimplementasikan tips pencegahan mengenai maraknya pemberitaan pelecehan seksual di lingkungan kampus dan hubungannya dengan kesehatan mental sesuai ajaran islam.

Kegiatan Kupas Tuntas (KUPAT) ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 14 Mei 2022 secara daring melalui Zoom Meeting dan live melalui Youtube HMJ Biologi “Lebah Madu” Universitas Negeri Malang. Acara ini dimulai dengan persiapan panitia pada pukul 09.00 WIB dan dilanjutkan dengan registrasi peserta pada room Zoom Meeting. Selanjutnya terdapat pembukaan yang dipandu oleh Hamidah Lutfiyanti selaku Master of Ceremony. Pembukaan ini harus diundur selama 10 menit dari waktu yang ditentukan karena adanya perpindahan link Zoom Meeting akibat kendala kuota Zoom. Kemudian, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa pembuka oleh Abinta Ahmad Musyarrof dan sambutan oleh Ketua Pelaksana Kupas Tuntas (KUPAT) 2022, Bupati Mahasiswa Biologi 2022, Dosen Pendamping HMJ Biologi “Lebah Madu” 2022, Ketua Jurusan Biologi, serta Wakil Dekan III FMIPA Universitas Negeri Malang, yang kemudian disusul dengan sesi dokumentasi bersama. Setelah pembukaan, acara selanjutnya adalah penyampaian materi tentang “Perspektif Islam Mengenai Kesehatan Mental Remaja akibat Maraknya Pelecehan Seksual di Lingkungan Kampus” oleh Ibu Anna Juwita Puspita Sari, M. Psi. selama 60 menit.

Acara selanjutnya yaitu sesi tanya jawab selama 15 menit yang dipandu oleh Indah Nur Laili selaku moderator. Peserta yang ingin bertanya dipersilakan untuk menyampaikan pertanyaannya di kolom chat Zoom Meeting atau menggunakan fitur raise hand. Setelah sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pengisian angket pemahaman dan kepuasan oleh peserta selama 15 menit. Kegiatan Kupas Tuntas (KUPAT) berakhir pada pukul 12.35 WIB dengan pembacaan doa penutup oleh Abinta Ahmad Musyarrof. Kegiatan ini dapat dinilai sukses karena mencapai 147 peserta dari target minimal 75 peserta.