Select Page

Mahasiswa berprestasi (MAWAPRES) adalah mahasiswa yang berhasil mencapai prestasi akademik maupun non-akademik, sesuai dengan kriteria yang ditentukan serta memiliki kepribadian yang baik. Tak diragukan, seleksi yang dilakukan pun cukup ketat. Beberapa persyaratan harus dipenuhi mulai dari IPK minimal 3.30, mengumpulkan karya tulis ilmiah, sertifikat prestasi/organisasi/konferensi (bukti partisipasi), dan lainnya. Meneruskan estafet predikat mahasiswa berprestasi yang telah diraih mahasiswa jurusan biologi sebelumnya bukanlah hal yang mudah. Butuh perjuangan yang cukup menguras tenaga dan pikiran untuk sampai pada tingkatan tersebut. Mulai dari seleksi pada tingkat fakultas hingga menjadi perwakilan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dalam seleksi PILMAPRES pada tingkat Universitas. Banyak pengalaman serta cerita yang telah saya jalani sehingga dapat menghantarkan saya menjadi Mahasiswa Berprestasi III Universitas Negeri Malang sekaligus mendapat amanah menjadi Ketua Ikatan Mahasiswa Berprestasi UM 2022.

Tidak terasa sudah hampir tiga tahun dari tahun 2019 hingga saat ini saya memulai langkah baru menjadi seorang mahasiswa Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang. Bagi saya, menjadi seorang mahasiswa adalah satu kebanggaan yang harus disyukuri dengan memanfaatkan setiap momen yang saya lalui di dunia perkuliahan dengan baik. Sebelum melangkah jauh ke dunia karir yang penuh tantangan, masa perkuliahan adalah tahap transisi untuk belajar tentang banyak hal. Cukup banyak kegiatan yang saya ikuti selama perkuliahan, seperti organisasi, internship, serta perlombaan maupun pengabdian. Semenjak menjadi mahasiswa baru hingga menempuh semester enam, saya senang mencoba hal baru, seperti mengikuti MBKM Kampus Mengajar. Kegiatan itu menjadi sebuah tantangan baru bagi saya, karena saya adalah mahasiswa Prodi Non Kependidikan yang diharuskan mengajar pada sekolah dasar. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi hambatan bagi saya untuk memberikan dampak positif bagi orang lain.

Selain itu, menjadi peserta Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke 34 pada Tahun 2021 menjadi pencapaian yang baru bagi saya. Semua ini saya persiapkan dari awal sehingga pada akhirnya dapat menghantarkan saya menjadi Mahasiswa Berprestasi III Universitas Negeri Malang. Menjadi Mahasiswa Berprestasi cukuplah berat, selain harus dapat mengembangkan skill kita juga diharapkan untuk bisa memposisikan diri sehingga dapat memberikan dampak sosial bagi orang banyak. Tidak ada tuntutan untuk meraih predikat mahasiswa berprestasi. Bagi saya, Pilmapres adalah ajang untuk belajar, mencari pengalaman serta teman. Oleh karena itu, kedepannya jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi pastikan siap baik mental maupun fisik, karena proses yang panjang akan membuat tubuh letih dan menguras pikiran. Jangan lupa senantiasa membuat karya yang bermanfaat bagi orang lain, sekecil apapun karya tersebut, gunakan passion kalian untuk membuat karya apapun yang bermanfaat, tidak hanya bagi diri kalia namun bagi orang lain.