National Biology Competition (B’COME) 2021

National Biology Competition (B’COME) 2021

National Biology Competition (B’COME) 2021 merupakan sebuah ajang kompetisi biologi yang diperuntukkan bagi siswa SMP/MTs/se-derajat dan SMA/MA/se-derajat Tingkat Nasional yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi “Lebah Madu” 2021 FMIPA Universitas Negeri Malang. Pada tahun ini, National Biology Competition (B’COME) 2021 mengusung tema “Break Your Limit and be the Next Generation of Biologist” yang memiliki makna bahwa generasi berkualitas akan memilih untuk tetap berkerja keras dan tidak berpangku tangan terhadap keadaan yang ada, karena keterbatasan fasilitas pendidikan dan era pandemi bukanlah penghalang bagi generasi berkualitas untuk belajar dan berkompetisi.

Pada tahun ini, B’COME 2021 membuka pendaftaran pada 18 rayon di seluruh wilayah Indonesia dengan pembagian tiga gelombang pendaftaran, dimulai dari pendaftaran gelombang satu pada tanggal 20 Juni–15 Juli 2021, gelombang dua pada tanggal 16 Juli–16 Agustus 2021, dan gelombang tiga pada tanggal 17 Agustus–10 September 2021. Dari pendaftaran tersebut, dipeoleh total 265 Tim dengan rincian 101 Tim SMP dan 164 Tim SMA. Selain itu, kegiatan ini dibagi menjadi beberapa rangkaian berupa babak penyeleksian yang dimulai dengan Try Out, Penyisihan, Semi Final, serta Final dan Grand Final yang seluruhnya dilaksanakan secara online.

Hasil dari babak Final dan Grand Final pada kegiatan B’COME 2021 yaitu Juara 1 diraih oleh tim Marcellino Maatita (SMAN 3 Malang), Juara 2 diraih oleh tim Febita Urva (MAN Insan Cendikia Pasuruan), Juara 3 diraih oleh tim M. Hanif Syarofi (MA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya), Juara Harapan 1 diraih oleh tim Sherly Anastasia (SMA Kristen Petra 1), dan Juara Harapan 2 diaraih oleh tim Ziyanatul Karimah (MAN 3 Jombang) untuk jenjang SMA. Sedangkan dari jenjang SMP, Juara 1 diraih oleh tim Alicia Nabila Rynfa (SMP N 1 Gresik), Juara 2 diraih oleh tim Aisha Lauren (SMPN 4 PAKEM), Juara 3 diraih oleh tim Bramantyo Aryo (SMPN 1 PONOROGO), Juara Harapan 1 diraih oleh tim Michelle Aurelia (SMP Petra 1), dan Harapan 2 diraih oleh tim M. Ajamu Rizky (SMP Progresif Bumi Shalawat).

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *