Select Page

Kelas Mikrobiologi Industri yang berada dibawah bimbingan Ibu Sitoresmi Prabaningtyas, S.Si., M.Si. dan Pak Fauzi Akhbar Anugrah, S.Si., M.Si. pada hari Senin, 15 April 2019 melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kegiatan KKL merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan oleh kelas Mikrobiologi Industri Jurusan Biologi, Universitas Negeri Malang. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk melihat dan mempelajari secara langsung bagaimana penerapan dari ilmu mikrobiologi dan juga memberikan inspirasi kepada mahasiswa untuk dapat berfikir kritis dan terbuka terutama dalam mengembangkan ilmu yang telah diberikan di bangku kuliah agar dapat diterapkan secara lebih luas dikalangan masyarakat. Untuk tahun ini, kegiatan KKL dilaksanakan di dua perusahaan besar yaitu AICE dan Yakult yang berada di Kawasan Industri Ngoro Industrial Persada, Mojokerto.

Program pertama diawali dengan mengunjungi Perusahaan AICE. Perusahaan AICE merupakan salah satu produsen Es Krim yang memiliki pasar sangat besar di Indonesia, terutama di kawasan Indonesia Timur yang merupakan segmentasi utama dari AICE. Selama di perusahaan AICE, rombongan mahasiswa mendapatkan banyak pengetahuan berupa pengengalan sejarah singkat mengenai perusahaan AICE, proses produksi dan distribusi, pengenalan mengenai induksi keselamatan, serta melihat secara langsung alur proses produksi es krim.

Setelah kunjungan di AICE berakhir, kemudian program KKL dilanjutkan menuju Perusahaan Yakult. Yakult merupakan salah satu perusahaan multinasional terbesar dan merupakan pelopor minuman yoghurt di dunia. Hampir sama dengan kegiatan sebelumnya, di Perusahaan Yakult mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai sejarah dan asal-usul dari Yakult, penjelasan singkat mengenai perusahaan, proses produksi dan distribusi, serta melihat secara langsung alur proses produksi Yakult dimulai dari persiapan bakteri hingga proses packaging.

Kuliah Kerja Lapangan di Perusahaan AICE

Kuliah Kerja Lapangan di Perusahaan Yakult