Select Page

Standar Kompetensi Lulusan PPG

Standar Kompetensi Lulusan selanjutnya dinyatakan dalam rumusan capaian pembelajaran berikut ini.

Ranah sikap
Capaian Pembelajaran:

  • bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  • menjunjung tinggi nilai kemanusiaandalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral,dan etika;
  • berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  • berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  • menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  • bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  • taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  • menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  • menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  • menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  • memiliki etika ilmiah dan mampu mengembangkan nilai-nilai kepribadian sebagai guru profesional melalui pembelajaran biologi

Ranah kemampuan  merencanakan,  mengelola, dan mengevaluasi sumberdaya secara komprehensif kerjanya dengan memanfaatkan IPTEKS
Capaian Pembelajaran:

  • Mampu merancang pembelajaran berdasarkan analisis kebutuhan pengembangan kurikulum Biologi Sekolah dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi tecnologicalpedagogical content knowledge (TPCK) serta kondisi sekolah dengan memanfaatkan IPTEKS
  • Mampu menerapkan konsep biologi  dan  teknologi kependidikan dalam mengembangkan produk-produk pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan IPTEKS untuk mendukung terselenggaranya pembelajaran biologi.yang sesuai dengan kondisi sekolah dan daerah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dinamis
  • Mampu menerapkan pembelajaran biologi yang aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan, dan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan TIK
  • Mampu mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran biologi yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi berdasarkan tecnologicalpedagogical content knowledge (TPCK)dengan menerapkan memanfaatkan IPTEKS sesuai dengan permasalahan di kelas, laboratorium, dan sekolah
  • Mampu meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan hasil evaluasi dan refleksi secara berkelanjutan

Ranah kemampuan memecahkan masalah
Capaian pembelajaran:

  • Mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan biologi di kelas dan di sekolah serta merumuskan pemecahannya
  • Mampu mengkomunikasikan gagasan dan temuan pemecahan masalah  pendidikan biologi untuk meningkatkan kualitas pendidikan biologi

Ranah Kemampuan melakukan riset dan mengambil keputusan strategis dengan akuntabilitas dan tanggung jawab
Capaian pembelajaran:

  • Mampu melakukan riset pendidikan biologi di kelas dan di sekolah dengan memanfaatkan kemajuan IPTEK
  • Mampu mengambil keputusan pendidikan biologi di kelas dan di sekolah berdasarkan hasil penelitian ilmiah
  • Mampu mengkomunikasikan gagasan dan temuan pemecahan masalah  pendidikan biologi terkait berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan biologi (dengan menggunakan bahasa internasional)