Select Page

Rangkaian kegiatan Program Asistensi Mengajar (AM) semester Gasal 2022/2023 baru saja dimulai. Program Asistensi Mengajar ini merupakan salah satu program MBKM yang memfasilitasi mahasiswa dari program studi pendidikan untuk melaksanakan praktik mengajar di satuan pendidikan/sekolah selama 1 semester penuh.  Untuk membekali mahasiswa peserta Program Asistensi Mengajar, Departemen Biologi FMIPA UM menyelenggarakan kuliah tamu selama dua hari yaitu tanggal 2-3 Agustus 2022.

Pembicara pada kuliah tamu hari pertama yaitu Dr. Ibrohim, M.Si., dosen dari Departemen Biologi yang juga merupakan Tim Pengembang Lesson Study Kemenristek Dikti dalam Program STOLS-ITTEP-JICA (2013-2017). Beliau memberikan materi terkait dengan Lesson Study for Learning Community (LSLC) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Kompetensi Mahasiswa Calon Guru dalam Kegiatan Asistensi Mengajar. Konsep awal Learning Community (LC) dilahirkan di Jepang (± 30 tahun yang lalu) oleh Prof. Manubu SATO dari Tokyo University. Reformasi sekolah dengan LC mulai menyebar ke negara-negara lain termasuk Indonesia sejak tahun 2000. Dalam penerapan Professional Learning Community (PLC), para guru berbagi dan berkolaborasi untuk terus meningkatkan kemampuan profesionalnya dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran melalui kegiatan Lesson Study.

 

Pembicara pada kuliah tamu kedua yaitu Dr. Ninik Kristiani, M.Pd, pengawas SMA Cabang Dinas Wilayah Malang. Pada pertemuan tersebut beliau membahas mengenai Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang perlu untuk dipahami oleh mahasiswa yang akan melaksanakan Program Asistensi Mengajar. Ada beberapa tahapan yang harus dipahami untuk melaksanakan IKM antara lain memahami struktur kurikulum, capaian pembelajaran, pembelajaran dan asesmen, memahami projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5), dan memahami kurikulum operasional sekolah. Dr. Ninik Kristiani, M.Pd juga memberikan penjelasan mengenai tahapan perencanaan pembelajaran, tips & trik menyusun perangkat ajar intrakurikuler (M5), asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka, dan kriteria kenaikan kelas. Dengan adanya pembekalan melalui kuliah tamu tersebut diharapkan mahasiswa peserta Program Asistensi Mengajar dapat melaksankan praktik mengajar di satuan pendidikan dengan optimal, inovatif dan adaptif terhadap perubahan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).