Pandemi Covid-19, UM Gelar Pelatihan HOTS Guru Biologi se-Kota Malang

Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi tingkat SMA di kota Malang, Dosen Prodi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pelatihan pembelajaran aplikasi online.

Bertajuk Pelatihan High Order Thinking Skill (HOTS) dan Evaluasi Berbasis Online (EBO),  digelar secara daring, Oktober 2020. Pelatihan bekerja sama dengan dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran Biologi se-Kota Malang.

Sementara itu bertindak sebagai pemateri sekaligus tim pengabdi ditunjuk :

  1. Deny Setiawan, M.Pd (Ketua),
  2. Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd,
  3. Prof. Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd, dan
  4. Rahmi Masita, S.Si., M.Sc.

Selain mendapat materi pelatihan, kata Deny Setiawan, peserta juga bisa langsung mempraktekkan ilmu yang didapat. Mereka bisa langsung praktek penyusunan dan uji coba yang langsung dievaluasi oleh pemateri.

‘’Dalam kondisi pandemi ini pembelajaran secara tatap muka porsinya berkurang. Sehingga untuk menyikapinya, kita perlu mengembangkan lagi evaluasi-evaluasi berbasis online,” papar Deny Setiawan, Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat.

Ditambahkan dia, kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun soal HOTS. Sekaligus memaksimalkan kemampuan guru dalam melaksanakan evaluasi berbasis online. “Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan kreatif sebagai bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi”.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *