Bertemu Guru, Mantapkan Ilmu: Sinergi Jurusan Biologi FMIPA UM dan Guru MGMP Biologi SMA se-Blitar

Blitar. Pembelajaran abad XXI diharapakan mengahsilkan generasi yang produktif, kreatif, inovatif, dan mandiri melalui penekanan pada ranah afektif, kognitif, dna keterampilan. Kecenderungan masyarakat dalam era informasi dan globalisasi mengharapkan pembelajaran biologi terhadap peningkatan proses berpikir kritis yang menjadi salah satu tujuan pembelajaran sains. Pengembangan yang pesat ini merupakan tantangan pendidik biologi dalam hal ini guru biologi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Dokumentasi Tim Pengabdian Jurusan Biologi FMIPA UM bersama Kelompok MGMP Biologi SMA Blitar

Hasil wawancara, diskusi, dan pendampingan pada saat kegiatan MGMP, PLPG, dan pembimbingan KPL menunjukkan bahwa untuk mengajar materi Keanekaragaman Tumbuhan, guru mengalami kesulitan untuk memahami KD terkait metagenesis, prinsip klasifikasi, deskripsi, tatanama, dan, identifikasi tumbuhan. Selain itu, guru-guru mengalami kendala untuk menerapkan pembelajaran tentang Keanekaragaman Tumbuhan yang kreatif, inovatif, dan efektif sehingga membuat siswa tertarik mempelajari tumbuhan yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia dengan keanekaragaman nomor dua di dunia setelah Brazil.

Pembelajaran materi Keanekaragaman Tumbuhan yang selama ini diterapkan belum konstekstual, artinya siswa belum dikondisikan untuk mengenal tumbuhan yang beranekaragam dan bervariasi secara langsung di lapangan tetapi hanya diperkenalkan melalui gambar sehingga materi Keanekaragaman Tumbuhan yang di dalamnya terdapat kegiatan mendeskripsikan, mengklasifikasikan, mengidentifikasi sampai tata nama belum dikerjakan. Berangkat dari kondisi inilah, Tim Pengabdian Jurusan Biologi, FMIPA UM yang terdiri dari Dr. Sulisetijono, M.Si (Ketua Tim), dengan Anggota Dr. Murni Sapta Sari, M.Si, Andik Wijayanto., S.Si., M.Si., Umi Fitriyati, S.Pd., M.Pd, dan Mahasiswa Pendidikan Biologi, Fira Fitria (S1), Dyah Ayu (S1), dan Ahya Mujahidin (S2), melakukan kegiatan pengabdian bertema “Pemantapan Materi Keanekaragaman Tumbuhan dan Implementasi Pembelajaran Inkuiri bagi Guru-Guru SMA MGMP Kota Blitar”.

Dokumentasi Kegiatan Pelaksanaan Pengabdian secara Daring

Kegiatan pendampingan ini dilakukan secara daring pada tanggal 23 Juni 2020 maupun secara luring pada tanggal 18 Juli 2020 di SMAN 1 Talun, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Materi pengabdian terdiri dari penerapan materi Tumbuhan di SMA, Implementasi Pembelajaran Inkuiri, Perangkat Pembelajaran Materi Tumbuhan, dan Pembuatan Herbarium. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini mendapat dukungan pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UM. Kegiatan ini diikuti oleh 25 guru anggota MGMP Biologi SMA se-Blitar. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya diskusi dan konsultasi secara aktif dari peserta sehingga dapat terpenuhi hasil berupa instrumen perangkat pembelajaran dari masing-masing peserta.

Sri Hartatik S.Pd, Anggota MGMP sekaligus Guru Biologi SMA Negeri 1 Talun Blitar, mengaku senang karena berkesempatan menjadi peserta pelatihan dalam kegiatan pengabdian ini. Beliau menyampaikan terima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Biologi FMIPA UM dalam mengoptimalkan pembelajaran materi tumbuhan. “Semoga tahun depan bisa mengikuti kegiatan semacam ini karena pelatihan ini sangat berguna bagi”, kata Sri. (Pewarta: Ahya M.)

 

Dokumentasi Pelaksanaan Pengabdian di SMAN 1 Talun, Blitar.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *