Bersama Jurusan Biologi FMIPA UM, Guru SMA se-Blitar Menyusun Intrumen Asesmen Autentik

Blitar. Pendidikan abad 21 mengharapkan siswa memiliki kemampuan menganalisis, mensintesis, dan menerapkan apa yang telah siswa pelajari untuk mengatasi masalah-masalah baru, berkolaborasi secara efektif, dan berkomunikasi secara persuasif. Keterampilan tersebut tidak dapat diukur dengan paper & pencil test, melainkan dengan asesmen autentik. Asesmen autentik adalah asesmen berbasis kinerja (performance based assessment), yaitu suatu bentuk asesmen yang memotivasi peserta didik melakukan tugas kontekstual dan menunjukkan esensi penerapan pengetahuan dan keterampilan. Penilaian autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013.

Dokumentasi Tim Pengabdian Jurusan Biologi FMIPA UM bersama Kelompok MGMP Biologi SMA Blitar

Fakta di lapangan menunjukkan, beberapa guru di Blitar masih belum optimal dalam melaksanakan penilaian autentik. Hasil diskusi dengan kelompok musyawrah guru mata pelajaran (MGMP) Biologi SMA Blitar menunjukkan implementasi dari kurikulum 2013 belum sesuai yang diharapkan khususnya pada asesmen autentik. Bermula dari permasalahan inilah, Tim Pengabdian Jurusan Biologi, FMIPA UM yang terdiri dari Dr. Murni Sapta Sari, M.Si, (Ketua Tim) dengan Anggota Dra. Sunarmi, M.Pd, Drs. Triastono Imam Prasetyo, M.Pd., Deny Setiawan, M.Pd, Kona’ah Ajeng (Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi), dan Ahya Mujahidin (Mahasiswa S2 Pendidikan Biologi) melakukan kegiatan pengabdian bertajuk “Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Autentik Berbasis Online untuk Guru Biologi SMA di Kabupaten Blitar”.

Dokumentasi Kegiatan Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Autentik secara Daring

Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini mendapat dukungan pendanaan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UM. Kegiatan pendampingan ini dilakukan secara daring pada tanggal 24 Juni 2020 maupun secara luring pada tanggal 25 Juli 2020 di SMAN 1 Talun, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Kegiatan ini diikuti oleh 25 guru anggota MGMP Biologi SMA se-Blitar. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini dibuktikan dengan adanya konsultasi secara aktif dari peserta sehingga dapat terpenuhi hasil berupa instrumen asesmen autentik dari masing-masing peserta.

Dokumentasi Kegiatan Pendampingan Penyusunan Instrumen Asesmen Autentik secara Luring

Yudo Sucitro S.Pd, M.Pd, Ketua MGMP, menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Tim Pengabdian Masyarakat dari Jurusan Biologi FMIPA UM atas perhatian dan kerja sama pendampingan guru dalam mengoptimalkan pembelajaran khusunya pada penyusunan asesmen autentik. “Semoga kerja sama ini bermanfaat bagi kami dan kami berharap tahun berikutnya tim Pengabdian Jurusan Biologi UM tetap berkenan bermitra dengan kami”, harap Yudo.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *