Home > Info Biologi > Prof. Dr. Siti Zubaidah menjadi Pembicara Utama pada Seminar Nasional Biodiversitas di FKIP-Universitas Pattimura
Prof. Dr. Siti Zubaidah menjadi Pembicara Utama pada Seminar Nasional Biodiversitas di FKIP-Universitas Pattimura

Prof. Dr. Siti Zubaidah menjadi Pembicara Utama pada Seminar Nasional Biodiversitas di FKIP-Universitas Pattimura

Tepat pada tanggal 31 Agustus 2019, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Pattimura, Maluku menyelenggarakan Seminar Nasional Biodiversitas. Dalam kesempatan tersebut, Guru Besar Jurusan Biologi Universitas Negeri Malang yaitu Prof. Dr. Siti Zubaidah, M.Pd. menjadi pembicara utama dalam kegiatan yang mengusung tema “Biodiversitas Kepulauan Maluku dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0”.

Selama kegiatan berlangsung, Prof. Siti Zubaidah memberikan pemaparan mengenai pelestarian biodiversitas melalui pembelajaran dan pewarisan pengetahuan lokal. Di era revolusi industri seperti saat ini, segala aktivitas manusia menjadi lebih mudah dengan adanya perkembangan teknologi.  Namun disisi yang lain terdapat dampak negatif, salah satunya adalah terjadi penurunan biodiversitas dan keanekaragaman hayati di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan biodiversitas tersebut, diantaranya adalah faktor sosial, ekonomi, politik, budaya, dan sejarah dari masyarakat. Dalam orasinya tersebut, Prof Siti Zubaidah menekankan peranan pendidikan sebagai suatu sarana yang sangat penting untuk melindungi kelestarian dan menjaga keberlanjutan biodiversitas melalui transformasi sikap manusia terhadap alam dengan pembelajaran yang sesuai. Selain melalui pembelajaran, tidak dapat ditinggalkan peran serta masyarakat lokal yang perlu diwariskan pengetahuannya secara turun temurun. Tanpa adanya kesadaran dan dukungan masyarakat lokal, tujuan pelestarian dan perlindungan biodiversitas tidak akan tercapai.

Besar harapan dari kegiatan ini akan ada aksi nyata untuk menerapakan fungsi pembelajaran dan pewarisan pengetahuan sebagai salah satu cara menjaga dan melestarikan biodiversitas baik di daerah Maluku ataupun di Indonesia secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*