Home > Abstrak Penelitian > [SKRIPSI] Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pemberdayaan Sumberdaya Lokal untuk MeningkatkanoKemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar KognitifaSiswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MAS Mambaul Ulum Tumpang
[SKRIPSI] Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pemberdayaan Sumberdaya Lokal untuk MeningkatkanoKemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar KognitifaSiswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MAS Mambaul Ulum Tumpang

[SKRIPSI] Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pemberdayaan Sumberdaya Lokal untuk MeningkatkanoKemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar KognitifaSiswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MAS Mambaul Ulum Tumpang

Putri, Nur Anggraini. 2018. Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pemberdayaan Sumberdaya Lokal untuk MeningkatkanoKemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar KognitifaSiswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MAS Mambaul Ulum Tumpang. Skripsi. Jurusan Biologi.Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M. Pd.,(2) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S.h

Kata kuncis: literasi sains, hasil belajar kognitif, problem based learning

Siswa kelas X IPA di MAS Mambaul Ulum Tumpang berdasarkan hasil observasi masih terlihat pasif dan tidak bisa menjawab pertanyaan guru tentang penjelasan dan penerapan konsep dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa kurang mampu dalam mengidentifikasi isu ilmiah dan menjelaskan fenomena ilmiah. Siswa belum mampu membuat kesimpulan yang disertai bukti ilmiah. Hasil tes awal kemampuan literasi sains siswa cukup rendah, rata-rata persentase di bawah 50%. Nilai ketuntasan klasikal siswa pada mata pelajaran Biologi KD 3.3-4.3 yaitu sebesar 43,75% yang dikategorikan rendah. Pembelajaran belum memberdayakan sumberdaya lokal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelaslbertujuan untuk mendeskripsikan pemberian tindakan yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dan hasil belajar kognitif siswa dengan menerapkan problem based learning berbasis pemberdayaan sumberdaya lokal pada materi keanekaragaman hayati. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Desain model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah menurut Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi plan, act, observe dan reflect. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan problem based learning oleh siswa dan guru serta lembar soal tes literasiisains dan kognitif yang diintegrasikan dengan indikator kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi. Tes dilakukan pada setiap akhir siklus. Temuan penelitian adalah siswa lebih mampu berliterasi sains setelah diterapkan tindakan dan pemahaman kognitif siswa menjadi lebih baik. Kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Tindakan yang dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa melalui penerapan problem based learning berbasis pemberdayaan sumberdaya lokal yaitu siswa dibimbing merumuskan permasalahan yang memberdayakan sumberdaya lokal dan menyusun hipotesis untuk belajar mengidentifikasi isu ilmiah, mengkomunikasikan hasil diskusi pemecahan masalah untuk menjelaskan fenomena ilmiah dan menyimpulkan hasil pembelajaran menggunakan bukti ilmiah. Tindakan yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa melalui penerapan problem based learning berbasis pemberdayaan sumberdaya lokal yaitu pembimbingan siswa dalam mengidentifikasi permasalahan dengan memberdayakan sumberdaya lokal untuk dipecahkan masalahnya, berdiskusi dengan teman sekelompok untuk memecahkan masalah dan mengkomunikasikan solusi pemecahan masalah. Pembelajaran Problem Based Learning berbasis sumberdaya lokal dapat diterapkan secara berkelanjutan karena mampu meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar kognitif dengan memperhatikan pengelolaan waktu dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*