Home > Abstrak Penelitian > [SKRIPSI] Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dipadu SALINGTEMAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa Kelas X MAN Kota Batu Materi Perubahan Lingkungan
[SKRIPSI] Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dipadu SALINGTEMAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa Kelas X MAN Kota Batu Materi Perubahan Lingkungan

[SKRIPSI] Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dipadu SALINGTEMAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa Kelas X MAN Kota Batu Materi Perubahan Lingkungan

Maulidia, Lailatul. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Dipadu SALINGTEMAS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Siswa Kelas X MAN Kota Batu Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Mimien Henie Irawati, M.S. (II) Drs. I Wayan Sumberartha, M.Sc.

Kata kunci: perangkat pembelajaran, pembelajaran berbasis masalah, SALINGTEMAS, hasil belajar, perubahan lingkungan.

Hasil wawancara dan analisis RPP terhadap salah satu guru di MAN Kota Batu menunjukkan adanya permasalahan yaitu pembelajaran yang dilakukan belum menekankan pada sikap peduli lingkungan dan belum adanya indikator sikap peduli lingkungan beserta instrumen penilaian sikap peduli lingkungan dan keterampilan. Hasil pre-test sikap peduli lingkungan menunjukkan bahwa lebih dari 50% siswa belum mampu mengorganisasi dan mengkaraterisasi diri dalam menghadapi permasalahan lingkungan. Salah satu upaya dapat dilakukan yaitu mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu SALINGTEMAS guna melatih siswa untuk membangun pengetahuan berdasarkan masalah perubahan lingkungan yang dikaitkan dengan aspek sains, teknologi, dan masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu SALINGTEMAS yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa kelas X MAN Kota Batu pada materi perubahan lingkungan.

Model pengembangan yang diterapkan adalah model Thiagarajan Define, Design, Develop, and Disseminate (4D), namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan LKS dengan materi perubahan lingkungan. Penelitian ini melibatkan siswa kelas X MIPA 4 MAN Kota Batu semester 1 tahun ajaran 2017/2018. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa N gain score hasil belajar pengetahuan siswa sebesar 0,7 kategori tinggi; N gain score hasil belajar sikap siswa sebesar 0,6 kategori sedang, sedangkan hasil belajar keterampilan siswa rata-rata sebesar 88,5. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa 1) perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu SALINGTEMAS valid dan dapat digunakan; 2) perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu SALINGTEMAS efektif untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan, sikap, dan keterampilan siswa; 3) perangkat pembelajaran berbasis masalah dipadu SALINGTEMAS praktis untuk digunakan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*