Select Page

Anton(1), Murni sapta Sari(2), Sitoresmi Prabaningtyas(3)

             Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Hasil Belajar siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) kelas X  IPA E.1 SMAN 9 Malang pada materi Bakteri. PTK ini dilakukan dalam dua siklus,untuk setiap siklus,pada 1 kali pertemuan (4x 45 menit).Masing-masing siklus terdiri atas tahapan-tahapan (1) planning(perencanaan), (2) implementing(pelaksanaan tindakan), (3) observing(observasi) dan (4) reflecting (refleksi). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif-kuantitatif.Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X E.1 SMAN 9 Malang, dengan jumlah 35 siswa, tahun ajaran 2018/2019, Semester gasal. Analisis data penelitian ini pada prinsipnya menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif STAD dapat dilaksanakan di kelas X E.1 SMAN 9 Malang dengan baik. Penerapan model kooperatif STAD di siklus I dan siklus II dapat meningkatkan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor siswa kelas X E.1 SMAN 9 Malang.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model pembelajaran STAD