Select Page

ABSTRAK

Putri, Cantia. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Berbasis Web Pada Materi Biologi Semester Genap untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Batu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. A. Duran Corebima, M.Pd, (II) Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si.

Kata Kunci: pengembangan, media pembelajaran, aplikasi berbasis web

Berdasarkan hasil observasi selama melaksanakan KPL di SMA Negeri 1 Batu, terdapat beberapa pemasalahan yang sering muncul didalam kelas yaitu guru tidak dapat menyelesaikan target jam pembelajaran, karena banyaknya agenda sekolah dan keperluan dinas yang harus dipenuhi, hal ini menyebabkan guru tidak dapat mengajarkan materi pembelajaran didalam kelas, sehingga jam pembelajaran di kelas menjadi tidak efektif. Mengatasi hal tersebut guru tidak segan untuk mengambil jam pulang sekolah siswa demi memberikan materi tambahan karena keterbatasan waktu belajar di dalam kelas dan demi memenuhi tuntutan materi yang harus diajarkan. Pada era modern ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) sekarang mengalami kemajuan yang sangat pesat. Hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan media pembelajaran, sehingga dapat menjadi sarana atau alat dalam proses pembelajaran yang lebih efektif dalam menyampaikan materi pembelajaran dan efisien dalam alokasi waktu dan tenaga, namun saat ini belum banyak guru yang membuat media pembelajaran sendiri seperti media berbasis web, oleh karena itu peneliti memilih media pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi kendala tersebut yaitu menggunakan aplikasi berbasis web.
Penelitian dilakukan dalam empat tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan), disseminate (penyebaran). Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran Biologi berbasis web untuk siswa kelas XI semester genap yang meliputi sistem respirasi, sistem ekskresi, sistem koordinasi, psikotropika, sistem reproduksi dan sistem imun. Web untuk pembahasan Biologi kelas XI dijalankan secara online sehingga siswa dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun. Web didesain full color agar siswa senang untuk mengunjungi situs web kembali. Web ini dapat diakses oleh semua web browser. Dalam web ini terdapat menu login yang hanya dapat diakses oleh 3 user yaitu admin, guru, dan siswa. Pada web ini terdapat menu tentang, materi, dashboard dan logout. Pada menu materi terdapat materi ajar seperti powerpoint, LKPD dan video yang dapat di download oleh siswa. Pada menu dashboard merupakan menu yang digunakan guru untuk manajemen bahan ajar sedangkan untuk admin digunakan untuk melakukan manajemen pengguna. Pada menu logout digunakan user untuk keluar dari web.
Uji coba dilakukan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media. Hasil dari penilaian validator ahli materi yaitu 3,62 dengan kriteria valid, validator ahli media yaitu adalah 4,6 dengan kriteria sangat valid, validator ahli praktisi lapangan yaitu 4,77 dengan kriteria sangat valid, dan uji kelompok kecil yaitu 4,66 dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi berbasis web ini sangat valid dengan hasil 4,41. Setelah media dilakukan revisi meliputi kejelasan gambar dan teks, maka media telah layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.